Tahukah Anda Dimana Hulu Sungai Nil? - OETOMO

Latest

Monday, May 12, 2014

Tahukah Anda Dimana Hulu Sungai Nil?

Salam sobat achmad0etomo Blog yang berbahagia,sobat semua pastilah sudah mendengar tentang sungai nil.Sungai Nil merupakan satu dari dua sungai terpanjang di dunia,mengalir sepanjang 6.650 km atau 4.132 mil dan membelah tak kurang dari sembilan negara yaitu : Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan tentu saja Mesir.Sungai Nil identik dengan Mesir ,akan tetapi tahukah sobat achmad0etomo ,dimana letak hulu sungai tersebut?


Di Wikipedia di sebutkan Hului sungai ini adalah di danau Victoria,  merupakan sumber dari cabang terpanjang Sungai Nil, Nil Putih. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di bagian barat Great Rift Valley Afrika dan diapit oleh 3 negara di benua Afrika yaitu Tanzania, Uganda, dan Kenya.Pada salah satu sisi danau ini terdapat daerah dengan nama Jinja,terletak di tenggara Uganda, sekitar 54 mil atau 87 km melalui jalan darat dari timur Kampala.Adalah John Speke, salah satu penjelajah Inggris , diduga menemukan sumber Sungai Nil ini.

Pada suatu waktu  achmad0etomo blog berkesempatan mengunjungi tempat ini, sebenarnya sama dengan danau-danua air tawar lainya, yang membuatnya berbeda adalah tempat ini berada di afrika,yaitu Uganda ,beribu - ribu kilo meter,melintasi samudera Hindia,dan melewati dua benua rasanya tidak percaya jika akhirnya dapat berada di tempat ini. Obyek wisata yang ditawarkan diantaranya berkeliling dengan perahu,Rafting,Bungge Jumping dan lain sebagainya.



Di tempat ini terdapat pula sebuah patung Mahatma Gandhi. Pendirian Patung di sumber sungai Nil ini merupakan  ide dari masyarakat India di Uganda,bekerja sama dengan pemerintah India. Diresmikan pada tanggal 5 Oktober 1997 oleh Yang Mulia Inder Kumar Gujral, Perdana Menteri Republik India. Sejak saat itu perawatan dipelihara oleh Bank of Baroda, bank India yang dimiliki di tempat itu.Mahatma Gandhi menghabiskan 21 tahun masa hidupnya di Afrika di mana ia memperjuangkan hak-hak masyarakat yang tertindas dan terpinggirkan.Menurut beberapa sumber ,saat kematian Mahatma Gandhi beberapa abunya ditaburkan di Sungai Nil, mungkin sebagai perekat ikatan hubungan panjang dengan benua yang membentuk karirnya, mungkin juga untuk mengabadikan dan menyebarkan warisannya di Afrika.

















Dari berbagai sumber.

2 comments:

Sponsor