Roland E-96 Intelligent Keyboard(MidiKontroler??) - OETOMO

Latest

Tuesday, April 15, 2014

Roland E-96 Intelligent Keyboard(MidiKontroler??)

Salam sobat achmad0etomo.blogspot yang berbahagia, bagaimana kabar anda semua?,Semoga sehat dan selalu dalam lindungan dan rahmatNya ,,Amiiin,,,Pada kesempatan ini achmad0etomo Blog hanya ingin berbagi pengalaman, yaitu tentang dunia permusikan.Kalau lihat judul posting kali ini mungkin ada sedikit keganjilan, ada apa dengan barang satu ini (Roland - E 96),,??Lebih jelasnya begini:...............
Bagi anda pemain keyboard atau organ tunggal,untuk tipe  ini ( Roland - E 96 ) pasti akan terkesan jadul,karena seri ini produksi sekitar tahun 1995, namun singkat saja cerita saya,:
 Berawal dari sebuah aplikasi DAW (Digital Audio Workstation )yang banyak sekali jenisnya,dalam hal ini FL Studio 11,yang mana denganya bisa merubah sudut ruang di kamar yang kecil bisa menjadi sebuah home digital Studio Recording. Cukup dengan sebuah PC atau laptop(Minimum spec requirement needed!) dan keyboard(?)
Ya,,Keyboard dalam hal ini yang seperti apa??@!
Keyboard ini adalah Keyboard Controller, dia tidak bersuara ketika tuts-tuts yang hanya ada warna putih dan hitam ini di tekan, karena fungsinya ketika terhubung dengan perangkat DAW pada PC atau laptop adalah sebagai pengirim dan penerima data transmisi yang selanjutnya di proses oleh sebuah aplikasi DAW.
Kembali lagi ke Roland  E- 96 dan FL Studio 11 ,pada perangkat ini tidak diketemukan port USB.Permasalahan datang ketika hasrat hati ingin menggunakanya sebagai midi kontroller ketika bermain di FL Studio 11 sedangkan koneksi ke pc / laptop tidak ada. Tentu saja ada solusinya, yaitu dengan menggunakan perangkat audio interface yang suport midi, namun harganya di pasaran cukup mahal dan kurang praktis, karena masih dibutuhkan kabel midi standar yang harganya mahal juga pun.
Jalan keluar akhirnya bisa ditemukan. yang di butuhkan adalah sebuah kabel adapter Midi To USB,biasanya banyak di jual di toko alat musik,harga pun tidak terlalu mahal.Untuk seting konek ke pc pun tidak rumit.Just Plug And Play....@@
Demikian pengalaman dari saya semoga berguna ,,,,,Salam dan Terimakasih@


1 comment:

  1. Mantap infonya gan, hanya sekedar sharing kemarin saya lihat di tokopedia kabel midi yang pabrikan harganya lumayan mahal, lalu saya beli yg buatan sendiri ternyata hasilnya juga mantap dan harga nya jauh lebih murah.

    ReplyDelete

Sponsor